OSKM ITB, Menumbuh Rasa #inspirasiberkontribusi Untuk Negeri

0

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau yang biasa dikenal dengan OSPEK identik dengan tugas yang banyak dan beragam serta melelahkan. Walaupun dilaksanakan secara daring seperti sekarang, sepertinya stereotip — yang biasanya menjadi ajang perpeloncoan — tersebut tetap menjadi momok besar bagi beberapa kampus di Indonesia. Namun, berbeda dengan Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) ITB tahun ini. 

OSKM ITB 2021 adalah acara terbesar yang diselenggarakan setiap tahun oleh Institut Teknologi Bandung untuk menyambut kurang lebih 4500 mahasiswa baru dan sebagai wadah pengenalan orientasi kegiatan dalam lingkungan kampus ITB. Pada tahun ini, OSKM ITB 2021 memiliki visi yaitu OSKM ITB sebagai โ€œRuang Inspirasi Bernavigasi Budaya dalam Mewujudkan Kesadaran Berkontribusi untuk Indonesiaโ€. 

#OSKMITB2021 sempat menyentuh trending di Twitter pada beberapa hari belakangan ini secara berturut-turut. Hal ini terjadi selepas talkshow yang mengambil tema โ€œPendidikan yang Berkebudayaanโ€ pada hari Jumat, 20 Agustus 2021, hari kedua OSKM ITB 2021 yang dihadiri oleh Butet Manurung, Kepala Sokola Rimba, pusat pembelajaran bagi masyarakat adat atau suku terpencil di Indonesia. 

Beberapa pengguna Twitter berpendapat bahwa OSKM ITB 2021 telah mengubah stereotype orientasi studi dan pengenalan kampus yang biasanya diisi oleh tugas-tugas sulit serta menumpuk. Seperti ditulis oleh salah satu pengguna twitter dengan username @adambraw_ dalam tweet-nya, โ€œForever grateful to the new insights gathered by #OSKMITB2021, this shows that student orientation can really be apart of education and not a shaming festival as stereotypedโ€. Cuitan tersebut pun ramai dengan likes sebesar 225 likes dan dicuit ulang sebesar 34 retweets. Sependapat dengan cuitan di atas, username @StevenDT2Smile juga menuliskan, โ€œOSKM ITB shows that campus orientation can be insightful and useful, instead of its usual form of humiliating for the sake of tradition, canโ€™t express how grateful I am to be a student of this amazing campus #OSKMITB2021โ€.

Potret Live Chat Youtube OSKM ITB 2021 pada Talkshow โ€œPendidikan yang Berkebudayaanโ€

Sejalan dengan visinya, OSKM ITB 2021 terbukti dapat mewujudkan kesadaran mahasiswa baru ITB 2021 akan budaya Indonesia dengan cara yang menarik dan penuh wawasan, salah satunya ialah melalui talk show โ€œPendidikan yang Berkebudayaanโ€. OSKM ITB juga mampu menjadi ospek yang melepaskan diri dari stereotip kegiatan yang penuh dengan tugas dan melelahkan.

Kemeriahan acara OSKM ITB 2021 sebenarnya tidak terjadi pada hari itu saja. Tahun ini, acara pembukaan OSKM ITB dibuka dengan video sambutan alumni yang diisi oleh sarjana-sarjana tembusan ITB yang telah berhasil dan terbukti memberikan kontribusi bagi masyarakat. Misalnya, Nurhayati Subakat, Pendiri dari PT Paragon Technology and Innovation (yang membawahi beberapa merk terkenal, seperti Wardah, MakeOver, Emina, Kahf, dan beberapa produk lainnya), Devina Hermawan sebagai chef, Enda Nasution sebagai penulis, Jehian Panangian Sijabat sebagai manager dari beberapa influencer tanah air, Sujiwo Tejo sebagai aktor, dan masih banyak alumnus lainnya.

Setelah mengikuti seluruh rangkaian acara yang ada pada OSKM ITB 2021, mahasiswa baru dapat mengantisipasi tantangan yang ada pada masa depan dengan sadarnya peran dalam berkontribusi untuk Indonesia serta tanpa melupakan budaya-budaya Indonesia yang telah ada sejak lama.

Penulis : Divisi Ekstrakampus OSKM ITB 2021

Share.

Leave A Reply