LENSA: Khitan Massal “Manuk Hiber”, Relawan Gunakan Kostum Superhero

0

ganecapos.com, Purwakarta – Lebih dari 30 anak calon peserta khitan mengikuti khitan massal tahunan yang diselenggarakan oleh Yayasan Senyum Indonesia pada Sabtu-Ahad, 22-23 Desember 2018. Khitan massal ini diberi nama ‘Manuk Hiber’ dengan tema Khitan di Negeri Dongeng.

Seperti pada berbagai bakti sosi sebelumnya, Senyum Indonesia tak sendirian dalam menyelenggarakan khitan dan balai pengobatan gratis untuk masyarakat. Senyum Indonesia bekerja sama dengan DKM Asy-Syifaa’ RSHS – FK UNPAD sebagai tenaga medisnya. Adalah hal yang tak mudah bagi mereka untuk bisa datang dan mempersiapkan mental menuju lokasi Manuk Hiber 2018 sehingga perjuangan mereka selama ini memang patut diacungi jempol.

Acara yang diketuai oleh Mochamad Alghifari (IF’16) tersebut telah berlangsung di tiga tempat berbeda, yaitu di Desa Sinargalih, Kec. Maniis, Purwakarta; di Desa Mekarjaya, Kec. Cikalongkulon, Cianjur; dan di Desa Parungbateng, Kec. Sukasari, Purwakarta yang merupakan tempat acara puncak dari Manuk Hiber 2018.

Meskipun akses jalan yang dilalui untuk sampai ke Desa Parungbanteng tidak mudah, namun para relawan Senyum Indonesia tetap semangat untuk melanjutkan acara khitanan tersebut.

Prosesi khitan massal Manuk Hiber 2018 yang dilakukan pada Ahad (23/12/2018) ini bisa dikatakan tidak biasa. Pasalnya, relawan Senyum Indonesia menggunakan kostum superhero sebelum dilaksanakannya proses khitan seperti di negeri dongeng. Ada yang menggunakan kostum Spiderman, Captain Amerika, Bajak Laut, Pangeran Gatot Kaca, dan lainnya.

Selain khitan massal, kegiatan Manuk Hiber di antaranya: daurah anak, balai pengobatan gratis, pawai, tablig akbar, lomba kemasyarakatan, dan pasar rakyat. Antusiasme warga pun sangat tinggi. Meskipun Desa Parungbanteng diguyur hujan dan listrik padam, semangat warga tidak turun untuk mengikuti tablig akbar.

 

Reporter: Anindya Restika Istiqomah (ME ’16)

Share.

Leave A Reply