Sekretariat Akan Direlokasi Sementara, Sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa Menunggu Kepastian

0

ganecapos.com, ITB—Seluruh sekretariat unit kegiatan mahasiswa yang berada di lantai satu Campus Center Barat (CC Barat) akan direlokasi sementara ke Gedung Mekanika Tanah (Mektan).

“Pemindahan dilakukan karena Lembaga Kemahasiswaan (LK) ingin meningkatkan kualitas pelayanan. Selama ini, performa LK masih dinilai kurang dalam melakukan pelayanan kemahasiswaan,” ujar M. Bayu Pratama, Menteri Koordinator Kesejahteraan Mahasiswa Kabinet KM ITB.

Bayu melanjutkan, untuk mengevaluasi sistem, LK akan mengadakan sistem satu pintu, yaitu pelayanan melalui humas atau resepsionis yang akan mengarahkan mahasiswa menuju bidang pelayaan kemahasiswaan sesuai kebutuhan.  Selain itu, jajaran rektorat menilai lantai pertama Gedung CC Barat terlalu berantakan sehingga akan ada pertukaran posisi kantor-kantor pelayanan LK dengan sekretariat unit. Kantor-kantor pelayanan LK akan berada di lantai satu CC Barat, sekretariat unit akan berada di basement gedung.

Awalnya, rencana pemindahan sementara akan dilakukan mulai akhir Maret, namun karena kondisi Gedung Mekanika Tanah yang belum sepenuhnya siap, waktu pemindahan diundur menjadi awal April setelah dilangsungkannya Wisuda April 2018.

Terkait relokasi sekretariat unit dan pemindahan kantor LK ke lantai pertama, akan dilakukan renovasi Gedung CC Barat. Renovasi gedung meliputi penyekatan ulang ruangan-ruangan yang berada di CC Barat, khususnya ruangan-ruangan pada lantai satu gedung. Seluruh proses direncanakan akan menghabiskan waktu sekitar tiga bulan. Apabila seluruh rencana berjalan lancar, renovasi akan selesai pada bulan Juni 2018. LK akan menyediakan mobil pick up untuk membantu pengangkutan logistik setiap unit ketika pemindahan sekretariat.

Selama pengerjaan renovasi CC Barat dilakukan, aktivitas yang berada di seluruh bagian gedung diharapkan tetap berlangsung seperti biasa. Selasar depan tetap dapat digunakan untuk kegiatan latihan rutin beberapa unit kesenian dan budaya. Proses pengerjaan direncanakan tidak akan mengganggu setiap mobilisasi yang melalui CC Barat, terutama lantai satu gedung yang sering digunakan mahasiswa untuk berlalu-lalang.

Menurut Rahmatul Fajri, Kepala Divisi Badan Rumah Tangga Unit Kesenian Minangkabau (UKM), sejauh ini UKM bersikap menerima keputusan LK. Fajri berpendapat saat ini ukuran sekretariat unitnya sudah cukup luas dan kondisinya cukup nyaman. Namun ia khawatir, ukuran sekretariat unitnya setelah direnovasi akan lebih sempit dan kondisinya tidak lebih nyaman dibandingkan dengan sekarang, meski belum ada keterangan resmi lebih lanjut.

 

Reporter: Putia Chairunnisa (GD’16), Likha Itsmawati (FTI’17)

Share.

Leave A Reply