ITB Integrated Career Days 2018, Mempertemukan Mahasiswa dan Freshgraduate dengan Dunia Kerja

0

ganecapos.com, ITB—ITB Integrated Career Days, atau Titian Karir Terpadu, adalah rangkaian acara yang diadakan oleh ITB Career Center dalam rangka mempertemukan para jobseekers dan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. ITB Integrated Career Days diadakan dua kali setiap tahunnya. Acara kali ini diselenggarakan pada tanggal 17-18 Maret 2018 di Aula Barat dan Aula Timur ITB.

ITB Integrated Career Days terdiri atas pameran dan presentasi perusahaan-perusahaan ternama. 45 institusi yang terdiri atas BUMN, perusahaan swasta, dan institusi pendidikan ikut serta dalam ITB Integrated Career Days kali ini. Shopee menjadi sponsor utama (platinum), sementara Gojek, Mapan, PT Astra Internasional, serta Star Energy Geothermal menjadi sponsor gold pada acara yang berlangsung pada tanggal 17-18 Maret yang lalu ini. Perusahaan-perusahaan yang ikut serta mengisi 48 stan, dengan lima stan utama diisi oleh perusahaan sponsor dan 43 stan lainnya diisi oleh institusi lain yang berstatus peserta. Terdapat pula presentasi dari perusahaan dengan 13 sesi di Ruang Presentasi Aula Barat, 13 sesi di Ruang Presentasi Aula Timur 1, dan 9 sesi di Ruang Presentasi Aula Timur 2.

Acara ini dipadati oleh ratusan peserta yang antusias dalam mencari pekerjaaan. Mayoritas pengunjung adalah para lulusan dari berbagai universitas yang sedang mencari informasi tentang lowongan pekerjaan, mengajukan CV ke berbagai perusahaan, dan mencari bidang pekerjaan sesuai minat, bakat, dan program studi mereka. Meskipun perusahaan peserta Integrated Career Days kebanyakan menyasar freshgraduates, tak jarang para mahasiswa yang masih kuliah menghadiri acara ini untuk mencari peluang magang di perusahaan-perusahaan ternama.

Perusahaan berusaha menggaet joobseekers dengan berbagai metode. Beberapa perusahaan memperbolehkan para pelamar memberikan CV secara langsung pada stan mereka. Ada juga yang membuka formulir elektronik yang dapat langsung diisi oleh pengunjung stan. Ada yang menyebar tautan dengan poster, banner, dan brosur yang akan mengarah ke laman berisi lowongan kerja perusahaan yang berkaitan.

Shopee, sebagai sponsor platinum Titian Karir Terpadu ITB kali ini, memiliki stan paling besar diantara semua stan. Stan Shopee berada di bagian tengah Aula Timur yang dapat langsung terlihat oleh pengunjung yang baru saja memasuki Aula Timur dari pintu masuk. Shopee terlihat membuka lowongan pekerjaan di posisi marketing, business development, business intelligence, operations, dan people team. Rama, operations logistic manager Shopee, mengatakan bahwa peluang kerja di Shopee terbuka untuk siapa saja, tidak terbatas program studi manapun yang pelamar ambil kuliah. Kemampuan yang Shopee butuhkan adalah problem solving.

Rama mengklaim, saat ini Shopee sedang membutuhkan banyak tenaga kerja karena Shopee sedang bertumbuh secara doubling. Shopee juga membuka internship untuk mahasiswa tingkat berapapun dengan waktu menyesuaikan kuliah mahasiswa calon magang.

Gojek juga tak mau kalah. Perusahaan besutan Nadiem Makarim ini membuka full stack engineer internship 2018 untuk mereka yang memiliki kemampuan programming. Tak hanya itu, kini Gojek sedang membuat sebuah talent pool. Talent pool ini diisi oleh orang-orang yang menurut Gojek cocok untuk bekerja di perusahaan mereka. Gojek menyebar sebuah QR Code yang akan mengarahkan para pemindai ke sebuah website yang berisi pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui kepribadian orang yang bersangkutan. Seandainya cocok, Gojek akan memasukkan orang tersebut ke dalam daftar talent pool yang sewaktu-waktu dapat langsung dipanggil dan diseleksi lebih lanjut untuk mengisi tenaga kerja yang diperlukan pada saat itu juga.

ITB Integrated Career Days 2018 berjalan dengan lancar. Pengunjung terlihat puas dan senang karena acara ini memberikan kesempatan besar bagi mereka untuk mencari informasi lowongan pekerjaan dan perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja.

 

Kontributor: Thariq Izzah (TI’16)

Share.

Leave A Reply