Blokir Tumblr, Kominfo Lakukan Siaran Pers

0

ganecapos.com, Jakarta—Senin (5/3) pengguna media sosial dikejutkan dengan pemblokiran salah satu situs jejaring sosial, Tumblr, oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Melalui akun twitter resminya, Kominfo mengemukakan bahwa:

(1) Tim Aduan Konten telah menerima aduan dari masyarakat terkait konten asusila di platform Tumblr. Setelah dilakukan penelusuran dan analisa konten, terdapat lebih dari 360 akun asusila pada medsos Tumblr dot com dan aplikasinya.

(2) Ditemukan pula bahwa Tumblr tidak memiliki mekanisme dan report tools untuk melaporkan konten asusila.

(3) Pada 28 Februari 2018, Tim Aduan Konten kemudian mengirimkan notifikasi melalui email kepada Tumblr dan meminta Tumblr untuk membersihkan platformnya dari konten-konten asusila, dengan batas waktu penanganan maksimum 2 x 24 jam.

(4) Sampai lewat batas waktu yang diberikan tersebut, tidak ada respon dari Tumblr, sehingga dilakukan tindakan pemblokiran terhadap 8 DNS Tumblr pada hari Senin 5 Maret 2018 sore.

 

Keputusan Kominfo untuk memblokir Tumblr ini memicu berbagai reaksi di kalangan pengguna media sosial. Mayoritas pengguna media sosial—khususnya pengguna Tumblr—menyayangkan keputusan ini. Menyikapi banyaknya aduan yang masuk, Rabu (7/3) Kominfo mengeluarkan Siaran Pers No. 68/HM/KOMINFO/03/2018 melalui website resminya, www.kominfo.go.id. Siaran pers tersebut berisi tentang tindak lanjut dari pemblokiran Tumblr. Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menegaskan beberapa hal berkenaan dengan pemblokiran Tumblr, yaitu:

1) Kemkominfo membuka kesempatan bagi siapapun untuk membuka layanannya di Indonesia. Mereka wajib mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2) Bagi layanan yang diblokir, Kementerian Kominfo membuka kesempatan untuk pengajuan normalisasi selama penyelenggara bersedia mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

3) Pemerintah tidak ragu menutup penyelenggara layanan manapun yang tidak menaati peraturan perundang-undangan.

Mengenai normalisasi, sepanjang penyedia aplikasi/platform melakukan pembersihan dan juga persyaratan lain untuk adanya penanganan konten negatif dan perhatiannya untuk mengikuti peraturan, tentu akan menjadi pertimbangan normalisasi.

Sebelum ada respon dari penyedia aplikasi/platform yang bersangkutan, pemblokiran akan berlanjut.

 

Tumblr merupakan sebuah platform microblog yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek. Tumblr didirikan pada tahun 2007 oleh seorang pengusaha internet muda bernama David Karp. Sebelumnya, pada Februari 2016 lalu sempat muncul wacana mengenai pemblokiran tumblr disebabkan oleh konten pornografi dan LGBT, namun wacana tersebut dibatalkan.

Sumber: www.kominfo.go.id dan www.techno.okezone.com, dengan berbagai perubahan.

 

Kontributor: Fathiya Mufidah (FTSL ’17)

Share.

Leave A Reply