Mechanical Days 2018, Menyadarkan Potensi Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

0

ganecapos.com, ITB – Mechanical Days (MDays) 2018 merupakan sebuah acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) ITB. MDays diadakan dengan tujuan memberi kesadaran, khususnya kepada mahasiswa, terkait potensi bangsa Indonesia menuju Indonesia Emas 2045. Untuk merealisasikan tujuan tersebut, diadakan beberapa rangkaian acara sebelum MDays berlangsung, acaranya terdiri dari lomba-lomba seperti NIC (National Innovation Competition) dan M-visualization.

NIC merupakan lomba pembuatan abstrak dengan tema “Peran Engineer dalam Moderniasasi Industri UKM di Indonesia”. lomba ini diikuti oleh tim yang beranggotakan tiga orang dan dari universitas yang sama. M-visualization terdiri dari dua lomba, yaitu lomba infografis dan lomba fotografi yang ditujukan untuk umum dan mengangkat tema “Kemandirian dalam Teknologi untuk Indonesia”.

Pada Sabtu (24/2) lalu, telah dilaksanakan acara MDays yang terdiri dari Grand Seminar, Solidarity Forever Summit, dan Innovation Expo.

Grand Seminar dilaksanakan di Ruang Auditorium SBM Lantai 2. Seminar terdiri dari dua sesi. Sesi pertama mengangkat tema “Mengoptimalkan Potensi Engineer Bangsa untuk Mewujudkan Kemandirian Teknologi Indonesia”, yang diisi oleh Ir. Doddy Rahadi, MT. selaku Direktur Industri Logam, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Dr. Ir. Gita Amperiawan, M.Sc. selaku Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Dirgantara Indonesia, dan Prof. Dr. Ir. Tatacipta Dirgantara, MT. selaku Dosen FTMD ITB.

Grand seminar sesi dua dilaksanakan pada pukul 13.00 dengan tema “Merintis Kemandirian Industri Teknologi Nasional”. Seminar sesi dua diisi oleh Bapak Sandro Mihradi sebagai moderator, dan narasumber Bapak Joseph Pangalila selaku Presiden Tripatra Oil and Gas (alumni MS’82), Bapak Eka Satria selaku Presiden Direktur MedcoEnergi Power Indonesia (alumni SI’85), dan Bapak Jaya Wahono selaku Presiden Direktur Green Power Indonesia (alumni MS’88). Pada seminar sesi dua ini, seorang narasumber berpesan kepada peserta seminar agar bersedia membantu Indonesia mencapai kemandirian teknologi dengan lebih tertarik untuk bekerja di negara sendiri daripada ke perusahaan internasional setelah lulus nanti. Harapanannya, lulusan Indonesia dapat menjadi “tuan rumah” di negara sendiri dalam bidang energi saat tercapainya Indonesia Emas 2045. selain itu, disampaikan pula kepada para peserta untuk terus berinovasi dan berpikir kreatif.

Setelah berbagai macam rangkaian acara, pada malam harinya diadakan Innovation Expo yang bertempat di Hotel Grand Tjokro Cihampelas. Expo ini dikhususkan bagi para peserta solver summit, finalis NIC, dan seluruh massa HMM ITB. Pada Innovation Expo, terdapat stand karya-karya mahasiswa Teknik Mesin ITB.

 

Kontributor: Muhammad Fiqri El Islami (FTMD17), Rifqi Khoirul Anam (SI16)

Share.

Leave A Reply