Arkavidia 4.0: Mengajak Masyarakat Untuk Mengenal IT

0

ganecapos.com, ITB – Arkavidia merupakan sebuah festival IT yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) ITB. Tahun ini adalah kali keempat Arkavidia dilaksanakan.

“Tujuan dari Arkavidia adalah mengajak masyarakat untuk lebih mengenal dunia IT,” ujar Tefo (IF ’15), staff public relation Arkavidia 4.0. Pengenalan dunia IT tersebut diharapkan dapat mengarahkan masyarakat ke ranah start-up yang sekarang ini sedang memasuki masa keemasannya. Selain itu, Arkavidia juga menjadi ajang untuk mengembangkan soft skill serta potensi inovasi dari mahasiswa Informatika (IF) dan Sistem Teknologi Informasi (STI) ITB. Untuk memenuhi tujuan tersebut, Arkavidia menyelenggarakan 4 (empat) mata acara, yaitu pre-event, lomba, seminar, dan expo.

Pre-event Arkavidia 4.0 bernama “Global Game Jam“, sebuah acara membuat game dalam waktu 2×24 jam, pada 26-28 Januari silam. “Peserta Global Game Jam tidak terbatas usia, siapapun bisa ikut (global game jam),” jelas Tefo.

Mata acara lomba diselenggarakan pada tanggal 9-10 Februari 2018. Terdapat empat jenis lomba pada Arkavidia 4.0, yaitu Hackavidia (membuat program dalam menyelesaikan masalah), Capture the Flag (mencari kesalahan pada sistem jaringan), Competitive Programming (membuat program dengan output tertentu), dan Technovision (menyelesaikan contoh kasus di perusahaan dengan pendekatan teknologi). Lokasi peserta lomba bertanding adalah di Labtek V ITB.

Mata acara seminar dan expo dilaksanakan pada Sabtu (10/2) yang merupakan hari puncak acara. Seminar terbagi di dua lokasi, yaitu Startup 101 Stage di Aula Timur ITB dan Technology Stage di Basement CC Timur ITB. Di acara seminar, Arkavidia mengundang banyak tokoh yang berperan penting dalam kemajuan start-up dan teknologi informasi di Indonesia.

Expo yang diselenggarakan oleh Arkavidia adalah pameran start-up dan wahana interaktif yang terkait dengan bidang informatika dan teknologi informasi. Expo diisi oleh beberapa pengembang start-up nasional dan inkubator IT, sebuah badan semi otonom profesional di HMIF yang mengedepankan keterlibatan anggota himpunan sebagai individu yang dapat berkembang dalam dunia keinformatikaan. Stand-stand expo berlokasi di Lapangan Cinta, Boulevard, dan Lapangan Basket ITB. (RKA)

Share.

Leave A Reply