Peresmian Gedung dan Gerbang Utara Jadi Persembahan untuk Sivitas Akademika

0

Rektor ITB, Bapak Kadarsyah Suryadi, meresmikan Gedung Labtek I hasil renovasi (MBP)

ganecapos.com, ITB – Pada hari Selasa (23/01) telah dilaksanakan acara peresmian renovasi Gedung Labtek I, penataan kawasan Gerbang Utara, dan kantin ITB di area Sekolah Bisnis Manajemen (SBM). Pembangunan gerbang dan penataan ulang gedung memakan waktu kurang dari setahun, beriringan dengan proyek Pemerintah Kota Bandung yang juga sedang berlangsung di sepanjang trotoar Dayang Sumbi.

Acara diawali dengan sambutan Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi. Dikutip dari itb.ac.id, Prof. Kadarsah Suryadi menegaskan bahwa pembangunan gedung-gedung baru di Kampus ITB Ganesha tak lepas dari usaha dan keberhasilan rektor-rektor ITB periode sebelumnya. “Pembangunan (gedung dan fasilitas baru) ini dilakukan semata-mata demi memperoleh manfaat yang maksimal dan penuh keberkahan bagi kita semua,” tutur Rektor ITB.

Gedung Labtek I sebagai Ruang Perkuliahan

Interior ruang kelas di Labtek I (MBP)

Renovasi Gedung Labtek I memberikan perbedaan yang mencolok, ditunjukkan dari fungsi gedung yang berubah. Sebelumnya, gedung Labtek I yang akrab disebut Gedung Mektan (Mekanika Tanah) ini terdiri dari ruang perkuliahan sekaligus beberapa laboratorium milik Prodi Teknik Sipil ITB. Saat ini, gedung Labtek I hanya digunakan untuk gedung perkuliahan umum dan laboratorium dipindahkan seluruhnya ke gedung CIBE (Center for Infrastructures and Built Environment).

Dengan adanya alih fungsi, jumlah ruang perkuliahan otomatis bertambah dengan kapasitas ruangan yang lebih besar. Gedung bercat putih dengan dominasi furnitur kayu ini dilengkapi dengan mushola terbuka yang cukup luas di lantai dua. Meski baru diresmikan, beberapa kelas di lantai tiga Gedung Labtek I sudah dipergunakan untuk kegiatan perkuliahan sejak tahun lalu.

Gerbang Utara untuk Pejalan Kaki

Jajaran rektorat bersama Rektor ITB, Bapak Kadarsyah Suryadi, berfoto bersama didepan Tugu Ganesha (MBP)

Setelah ditunggu-tunggu sejak 2013, akhirnya gerbang utara ITB resmi dibuka untuk umum, khususnya pejalan kaki. Sebelumnya, akses masuk melalui jalur utara sempat ditutup dengan alasan penataan wilayah sekitar Dayang Sumbi. Taman dan Tugu Ganesha yang turut melengkapi desain dari gerbang utara yang unik dan kekinian.

Menurut pimpinan proyek, pembangunan sempat tersendat akibat interfacing dengan proyek infrastruktur Pemkot Bandung hingga terpaksa ditunda selama tiga minggu. Apabila dilihat lebih detail, terdapat garis kuning kecil di dekat gerbang yang merupakan batas kepemilikan area antara ITB dan Pemkot Bandung.

Desain tata ruang yang hijau dan terbuka dari taman gerbang utara ini diharapkan dapat memberi semangat baru untuk sivitas akademika khususnya dalam beraktivitas di kampus ITB Ganesha.

 

Reporter : Mutia A. Paramesti (EB ’15)

Share.

Leave A Reply