IECOM 2018, Ajang Kompetisi Teknik Industri Internasional

0

Ganecapos, ITB – Senin, 8 Januari 2018, himpunan Mahasiswa Teknik Industri (MTI) ITB bekerjasama dengan Program Studi Teknik Industri ITB telah menyelenggarakan Grand Seminar Industrial dengan tema “Reshaping Indonesia’s Industry along with Digital Revolution” yang bertempat di Aula Timur ITB, sebagai salah satu rangkaian dari The 8th Industrial Engineering Competition (IECOM) 2018.

IECOM adalah kompetisi teknik industri berskala internasional yang diadakan oleh MTI ITB setiap dua tahun sekali. Kompetisi IECOM terdiri dari tahapan pembukaan, semifinal, dan grand final. Tipe lomba juga bervariasi, meliputi team quiz, amazing race, simulation case, dan grand final case.

Selain kompetisi, IECOM juga dimeriahkan oleh acara-acara pendukung yang tak kalah sepi peminat. Beberapa diantara acara pendukung ini adalah Wilujeng Sumping sebagai pembuka acara yang bersifat kultural dan Grand Seminar sebagai acara untuk meningkatkan wawasan publik terkait isu terkini di dunia teknik industri. Ada pula appreciation night, homeward bound, dan sharing session sebagai tig mata acara yang mendorong terbentuknya relasi antarpanitia dan peserta sekaligus berbagi ide dan pengalaman. Terdapat juga kegiatan company visit ke perusahaan. Terakhir, IECOM ditutup dengan mata acara IECOM Night.

Menurut Davin Darmansyah (TI’14) selaku ketua acara IECOM 2018, hal yg menarik dari IECOM tahun ini adalah tema yang dibawakan yaitu industry 4.0. Industry 4.0 secara umum adalah revolusi industri yang keempat dengan konsep cyber-physical system dimana mesin-mesin yang sudah terkoneksi dengan internet.

”Selain itu, IECOM tahun ini juga bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antarmahasiswa TI seluruh Indonesia dan luar negeri sebagai satu komunitas TI yang erat,” tutup Davin.

Reporter: Mutia A. Paramesti (EB’15)

Editor: Afif Hamzens (FT’15)

Share.

Leave A Reply