Lustrum XI Pendidikan Tinggi Teknik Lingkungan: Momentum untuk Menyatukan Alumni-alumni Teknik Lingkungan Indonesia

0

ganecapos.com, ITB – “55 Tahun Alumni Teknik Lingkungan Berkarya untuk Indonesia” menjadi tema dalam puncak acara Lustrum XI yang dilaksanakan pada tanggal 4-5 November 2017 di Aula Barat, Institut Teknologi Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan tepat setelah 55 tahun pendidikan tinggi teknik lingkungan lahir di Indonesia sejak 10 Oktober 1962. Kegiatan yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali ini merupakan kegiatan besar yang diselenggarakan oleh beberapa organisasi yang terkait langsung dengan Pendidikan Tinggi Teknik Lingkungan.

Lustrum XI Pendidikan Tinggi Teknik Lingkungan dihadiri oleh alumni dari berbagai angkatan, mulai dari angkatan tahun 1962. Hadir pula dalam acara pembukaan ini Rektor ITB sebagai pembuka kegiatan, Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Ketua Program Studi Teknik Lingkungan, Ketua Program Studi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, Staf Dosen TL ITB, Ketua IA-ITB ITB, dan Ketua IATL-ITB. Panitia juga mengundang mahasiswa dari Program Studi Teknik Lingkungan dan peserta lomba side event yang telah diselenggarakan sebelum acara main event ini berlangsung. Panitia berharap seluruh mahasiswa yang diundang dapat mengenal lebih dekat alumni-alumni teknik lingkungan yang datang dari berbagai profesi. Hal ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk menjawab tantangan yang ada di masa depan.

Rangkaian kegiatan Lustrum XI ini sebenarnya terdiri dari side event dan main event. Side event terdiri dari cukup banyak kegiatan seperti lomba foto alumni, lomba poster untuk umum, uji emisi, kembang RW, pengabdian masyarakat KMIL, dan lain-lain. Lomba poster yang diselenggarakan diikuti oleh siswa SMA dan mahasiswa sedangkan Lomba Karya Tulis Ilmiah diikuti oleh siswa SMA seluruh Indonesia. Sebagian dari kegiatan side event ini bahkan masih ada yang akan berlangsung pada akhir 2017 dan awal 2018.

Sementara main event merupakan puncak dari kegiatan-legiatan yang sudah terselenggara sebelumnya. Kegiatan main event, yang diadakan pada hari Sabtu (4/11) lalu ini, dibuka dengan kegiatan Studium Generale dan Talkshow Alumni yang dilaksanakan di Aula Barat dilanjutkan dengan Kongres IATL-ITB pada siang hari di Aula Timur untuk memilih Ketua Umum periode 2017-2021. Hasil kongres hari itu memilih Bapak Dida Gardenia (TL’89) sebagai ketua umum IATL-ITB yang baru.  Pada malamnya alumni berkumpul di Aula Barat untuk menghadiri acara Gala Dinner dan Malam Keakraban. Terdapat kegiatan-kegiatan lain yang juga diselenggarakan yakni pameran alumni yakni pameran yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan alumni TL ITB. Selain itu terdapat pula uji emisi, area bermain anak-anak, dan bazar makanan (food truck).

Penyelenggaraan Lustrum XI ini sudah dipersiapkan kurang lebih sejak setahun yang lalu. Perbedaan Lustrum tahun ini dengan Lustrum sebelumnya adalah Lustrum XI melibatkan Ikatan Alumni Teknik Lingkungan dan stakeolder lainnya (HMTL, KMIL, PII, dan IATPI ) serta dilaksanakan bersama-sama Kongres IATL ITB, sedangkan Lustrum sebelumnya hanya diselenggarakan oleh Prodi Teknik Lingkungan. Pada tahun ini, penyelenggara kegiatan diantaranya Program Studi Teknik Lingkungan ITB, Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (IATL) ITB, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) ITB, Keluarga Mahasiswa Infrastruktur Lingkungan (KMIL) ITB, Badan Kejuruan Teknik Lingkungan Persatuan Insinyur Indonesia (PII), dan Ikatan Ahli Teknik Penyehatan Indonesia (IATPI).

Lustrum XI merupakan momentum untuk memperkuat kiprah profesi teknik lingkungan dan menyatukan alumni-alumni teknik lingkungan Indonesia serta menjadi ajang untuk bertukar pikiran antarpemangku kepentingan pendidikan tinggi teknik lingkungan. Salah satu bagian dari rangkaian acara Lustrum XI adalah Inspirasi Alumni yang berupa talkshow dengan mendatangkan tiga menteri sebagai pembicara. Menteri-menteri diundang oleh untuk memberikan pandangan dari sisi pemerintah tentang peran yang dapat dilakukan oleh alumni teknik lingkungan. Para menteri juga memaparkan tantangan-tantangan yang akan dihadapi oleh para alumni dan calon alumni terhadap pembangunan Indonesia di masa yang akan datang.

Bagian lain dari rangkaian acara Lustrum XI adalah Malam Keakraban (Makrab) Alumni TL. Selain untuk menjalin silaturahmi, makrab ini juga bertujuan menghimpun dana untuk pembangunan rumah alumni di kompleks ITB.  Pembangunan rumah alumni merupakan ide bersama antara Program Studi Teknik Lingkungan dan Ikatan Alumni Teknik Lingkungan ITB. Keberadaan rumah alumni diharapkan dapat menjadi sarana yang dapat menjaga komunikasi baik antara para alumni dan teknik lingkungan. Rumah alumni juga diharapkan dapat menjadi sarana bagi alumni yang ingin melakukan kegiatan kealumnian. Pihak Program Studi Teknik Lingkungan menilai hal ini penting agar tetap tersedia ruang komunikasi yang baik antara institusi teknik lingkungan dengan alumni-alumni teknik lingkungan.

Sony, salah satu panitia penyelenggara Lustrum XI yang diwawancarai reporter ganecapos.com, menjelaskan bahwa panitia mengambil momentum 55 tahun berdirinya Teknik Lingkungan untuk menyenggarakan berbagai kegiatan terkait. Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan pula dapat mengenalkan lebih jauh tentang teknik lingkungan kepada masyarakat termasuk kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa baik yang diselenggarakan oleh HMTL maupun KMIL. Contoh kegiatan tersebut adalah Desa Mitra dan Kembang RW.

Kesulitan dalam penyelenggaraan acara ini adalah komunikasi antar stakeholder panitia yang terlibat dalam penyelenggaraan, terlebih bahwa ini adalah pertama kalinya diselenggarakan secara bersama-sama. Tetapi tantangan ini mampu dijawab dengan baik oleh seluruh tim panitia beserta pendukung yang terlibat.  Panitia merasa puas karena dapat mendatangkan cukup banyak alumni dari angkatan 1962 hingga yang termuda yakni angkatan 2013. Untuk pertama kalinya, Teknik Lingungan ITB dapat mengumpulkan kurang lebih 800 alumni dalam satu ruangan Aula Barat. Panitia mengaku mendapatkan respon positif terhadap penyelengaraan Lustrum kali ini. Hal ini tentu menjadi kebahagiaan seluruh stakeholder panitia.

Panitia berharap dari penyelenggaraan Lustrum XI ini terjalin komunikasi dan silaturahmi yang baik antara kampus, dalam hal ini Departemen Teknik Lingkungan, dan seluruh alumni teknik lingkungan. Alumni merupakan komponen yang penting bagi Departemen Teknik Lingkungan. Melalui alumni, Teknik Lingkungan dapat mengetahui sejauh apa peran dan kontribusi alumni teknik lingkungan terhadap pembangunan Indonesia. Selain itu Teknik Lingkungan ITB juga dapat menjadikan momentum kegiatan ini untuk mendapatkan masukan yang konstruktif untuk peningkatan kualitas Departemen Teknik Lingkungan di masa yang akan datang.

Reporter: Restu Lestari Wulan Utami (SITH-S’17)

Editor: Afif Hamzens (FT’15)

Share.

Leave A Reply