Bandung Planning Gallery, Galeri Interakif Berbasis Teknologi Terkini

0

ganecapos.com, Bandung – Pada Selasa (1/8) lalu, Bandung Planning Gallery resmi dibuka untuk umum. Bandung Planning Gallery (BPG) atau Anjungan Perencanaan Kota Bandung adalah galeri interaktif berbasis teknologi yang berisikan kaleidoskop pembangungan Kota Bandung. BPG menyajikan perencanaan Kota Bandung sejak masa lalu, pencapaian di masa kini, dan rencana pengembangan di masa depan.

Dalam penataannya, BPG menggunakan konsep tematik dan satu jalur yang menghubungkan delapan area. Area tersebut meliputi Bandung Masa Lalu, Bandung Masa Kini, Bandung Kota Pintar & Mobilitas Urban, Solusi Kota Pintar, Maket Rencana Pembangunan Kota Bandung, Bandung Teknopolis, Aspirasi Kota Bandung, dan Galeri Temporer. Kedelapan area tersebut menyajikan data yang padat informasi berbasis teknologi terkini.

Selain itu, dsajikan pula tiga maket yaitu Maket Pusat Kota, Maket Cekungan Bandung, dan Maket Bandung Teknopolis yang dilengkapi instalasi LED interaktif. Di sudut ruangan, terdapat pojok konsultasi pembangunan dan area cinderamata.

Sajikan Informasi Lewat Teknologi Terkini

Saat mulai memasuki galeri, pengunjung akan disapa ramah oleh resepsionis. Pengunjung diminta untuk mengunduh aplikasi Bandung Planning Gallery di Appstore. Aplikasi ini digunakan untuk mendengarkan narasi dari video interaktif tentang informasi mengenai galeri tersebut. Narasi akan mulai bersuara ketika pengunjung memindai barcode yang terdapat pada layar.

Informasi mengenai galeri juga disajikan secara interaktif lewat beberapa panel layar sentuh di area-area tertentu sehingga pengunjung dapat mengeksplor secara langsung data yang ingin didapat. Perangkat teknologi terkini lainnya juga dimanfaatkan di galeri ini untuk digunakan para pengunjung seperti di Area Bandung Masa Lalu dan Area Bandung Kota Pintar dan Mobilitas Urban. Di Area Bandung Masa Lalu, pengunjung diajak berimajinasi bersama instalasi Augmented Reality tentang profesi-profesi umum masyarakat Bandung di masa lalu. Sementara di Area Bandung Kota Pintar dan Mobilitas Urban, pengunjung dapat merasakan sensasi menaiki LRT (Light Rail Transit)sebagai solusi transportasi masa depan Kota Bandung menggunakan teknologi Virtual Reality.

Dikutip dari Tribun News, dengan teknologi terkini yang interaktif, anak-anak hingga orang dewasa bisa lebih memahami kebijakan dan perbaikan insfrastruktur dari pemerintah.

“Diharapkan warga menjadi tertarik, mempunyai rasa memiliki Kota Bandung, serta keinginan berpartisipasi untuk memberikan masukan dalam rangka perencanaan Kota Bandung agar lebih baik ke depannya,” ujar Hery Antasari, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (BAPPELITBANG) Kota Bandung.

Galeri ini berlokasi di Jalan Aceh bersebelahan dengan Taman Sejarah. Galeri ini dibuka setiap Senin hingga Sabtu pukul 09.00 – 16.00 WIB, kecuali hari libur dan pemeliharaan. Informasi terkait BPG juga dapat diakses melalui bdgplanninggallery.com atau melalui akun Facebook: Bandung Planning Gallery.

Reporter: Mutia A. Paramesti (EB’15) & Hamdi Alfansuri (PL’15)

Editor: Afif Hamzens (FT’15)

Share.

Leave A Reply