Dua Gedung Asrama Baru ITB di Sangkuriang Diresmikan

0

ganecapos.com, Bandung – Pada hari Senin lalu (9/1), Institut Teknologi Bandung meresmikan dua gedung asrama baru di area Sangkuriang. Asrama baru yang diresmikan adalah gedung Sangkuriang C untuk putri dan gedung Sangkuriang D untuk putra. Agenda peresmian ini dihadiri oleh sejumlah pimpinan ITB, Camat Coblong, Lurah Dago, kepolisian, karyawan asrama, dan sejumlah mahasiswa yang merupakan tutor di asrama ITB.

Agenda peresmian dilakukan secara sederhana dengan laporan pembangunan oleh Kepala Direktorat Pengembangan ITB, Prof.Dr. Wawan Gunawan A. Kadir MS. Dalam laporannya, beliau menyebutkan bahwa pengembangan proyek dua gedung asrama ini berlangsung cukup lama, yaitu sejak 10 Juli 2014. Lamanya proyek ini disebabkan oleh adanya permasalahan pada kontraktor, yaitu adanya kontraktor yang terjerat kasus hukum dan harus berhubungan dengan pengadilan. Akibatnya, pembangunan asrama sebelumnya mangkrak selama 13 bulan. Akan tetapi, pada akhirnya proses hukum berjalan dengan lancar dan pembangunan asrama kembali dilanjutkan dengan kontraktor baru.

Biaya pembuatan kedua asrama ini mencapai 52 miliyar rupiah. Sekitar 36 miliar rupiah, atau sekitar dua per tiga dana, diperoleh dari dana anggaran 2015 yang berasal dari Kemristek Dikti. Sisanya, diperoleh dari dana masyarakat ITB.

Dua asrama ini masing-masing memiliki sejumlah tujuh puluh kamar yang terbagi dalam lima lantai. Satu kamar dapat menampung hingga tiga mahasiswa. Asrama ini pun telah dilengkapi dengan fasilitas toilet dan wastafel, dapur umum, ruang bersama ber-TV, internet, air dengan pasokan dari PAM dan sumur buatan, dan ditunjang dengan pemandangan alam di belakang gedung.

Dengan berdirinya dua gedung baru ini, saat ini asrama ITB dapat menampung hingga 1008 mahasiswa yang terbagi dalam beberapa asrama yaitu asrama Kidang Pananjung (khusus putra), asrama Kanayakan (khusus putri), asrama Sangkuriang A, B, C, dan D. Pembangunan ini menjawab kesulitan yang selama ini menjadi perhatian rektor untuk menyediakan tempat bagi mahasiswa, terutama mahasiswa Bidik Misi yang membutuhkan hunian layak yang cukup terjangkau.

Agenda peresmian kemudian dilanjutkan dengan pembubuhan tanda tangan pada batu prasasti oleh rektor ITB, Prof. Ir. Kadarsah Suryadi dan doa oleh kepala UPT Asrama ITB, Prof. Agung Wiyono. Setelah itu, rektor melakukan peresmian gedung dengan menggunting pita peresmian. Agenda dilanjutkan dengan jelajah gedung bersama rektor dan seluruh peserta acara.


Reporter: Ikhwan (IF 14)

Share.

Leave A Reply