Kongres Berharap Massa Aktif dalam Pemira

0
GANECAPOS.COM — Kongres KM ITB akan menjadikan Pemira KM ITB 2016 sebagai parameter keaktifan massa kampus dalam KM ITB. Kongres berharap pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) menggunakan hak suaranya sebagai bentuk partisipasi aktif dalam KM ITB.

Pada forum sosialisasi yang berlangsung pada Senin (17/10) di Basement Labtek VII ITB, salah seorang peserta forum mempertanyakan alasan Kongres meniadakan ketentuan minimal total suara pemilih sebagai syarat ditetapkannya kandidat terpilih.

Dalam TAP Kongres KM ITB nomor 25/2016, Kongres tidak memberikan batas minimum jumlah suara pemilih pada Pemira KM ITB 2016. Kebijakan yang telah berlangsung selama 2 tahun terakhir diterapkan oleh Kongres untuk memantau partisipasi massa kampus di KM ITB. Hal ini disampaikan oleh M. Perwira Rachman (SA’13) selaku anggota Komisi Pemilihan Umum Kongres KM ITB.

Senator Wira mengakui kebijakan ini belum mampu menggambarkan partisipasi nyata massa di tahun sebelumnya. Hal ini terjadi karena adanya gangguan berbagai faktor seperti yang terjadi pada tahun 2015 lalu. Kemudian menjelaskan salah satu manfaat dari kebijakan tersebut. “Sebenernya (kebijakan) ini (ada) biar si calon yang terpilih paham bahwa sebenernya sekalipun dia terpilih, mungkin aja dia tidak didukung oleh massa KM ITB,” tutur Wira.

Untuk tindak lanjut dari kebijakan ini di Pemira berikutnya, mengenai perlu tidaknya batas minimum suara masuk, Wira menyerahkan sepenuhnya pada Kongres dan panitia Pemira selanjutnya dengan menimbang hasil pemilu tahun ini dan kondisi Kongres selanjutnya.

Kongres sendiri telah menyatakan akan menerima berbagai masukan dari massa terkait keberjalanan Pemira. Wira sendiri berharap rangkaian Pemira tahun ini berjalan lancar dan menghasilkan kandidat terpilih yang terbaik bagi KM ITB.

Kontributor : Muhammad Rezky, M. Adil Setyanto S., Afif Hamzens

Share.

Leave A Reply