CICIL.co – Peningkatan Daya Dukung Finansial di Kalangan Mahasiswa

1

Logo Cicil.co sebagai e-commerce yang memfasilitasi pembiayaan belanja mahasiswa. (SBM ITB)

Logo Cicil.co sebagai e-commerce yang memfasilitasi pembiayaan belanja mahasiswa. (SBM ITB)

ganecapos.com – Sebagai mahasiswa, kita telah memasuki tahapan baru yang lebih kompleks dalam berkehidupan. Dalam menjalaninya kita membutuhkan banyak peralatan penunjang seperti laptop, buku, smartphone, dan kamera.

Namun, banyak mahasiswa yang sering menghadapi kendala dalam membeli semua kebutuhan tersebut secara tunai. Pembelian secara kredit bagi mahasiswa saat ini pun tidak memungkinan, karena bank dan jasa keuangan konvesional mengharuskan peminjam untuk memiliki penghasilan tetap dan riwayat kredit sebagai persyaratan utama, kedua hal tersebut belum dimiliki oleh mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa terpaksa harus meminta bantuan dari orang tua atau menabung uang saku berbulan-bulan sebelum dapat membeli produk-produk kebutuhan belajar mereka yang terhitung mahal. Beberapa mahasiswa bahkan terpaksa terjerat dengan oknum ‘lintah darat’ yang membebankan biaya yang sangat tinggi dan mengikat.

Berangkat dari pengalaman tersebut, Edward Widjonarko, Alumni SBM-ITB’2008 dan Alumni INSEAD MBA Business School, bersama dengan Leslie Lim, juga Alumni INSEAD MBA Business School, meluncurkan CICIL.co sebuah platform financial technology yang berusaha memfasilitasi pembiayaan belanja mahasiswa dengan margin yang rendah di pertengahan 2016 ini.

Melalui CICIL.co, mahasiswa dapat membeli produk kebutuhan kuliah mereka dari platform e-Commerce manapun di Indonesia secara cicilan tanpa kartu kredit. Mahasiswa juga memiliki fleksibilitas untuk menentukan sendiri uang muka dan jangka waktu pelunasannya.

Setelah memilih produk dan waktu pembayaran, Tim CICIL.co menggunakan pendekatan big data analytic dalam menganalisa berbagai macam faktor dari profil mahasiswa, beberapa variable tersebut antara lain prestasi akademik, riwayat kepanitian & organisasi, latar belakang keluarga, dan profil sosial media untuk dapat memberikan fasilitas pembiayaan per individu. Semakin berprestasi dan aktif mahasiswa tersebut, maka ia akan mendapatkan  fasilitas yang lebih baik.

Harapannya, kehadiran CICIL.co bisa memudahkan mahasiswa dalam membeli produk yang diinginkan dalam menunjang studinya dan sekaligus meningkatkan inklusi finansial di kalangan mahasiswa.

Share.

1 Comment

Leave A Reply