Kolaborasi KMSR dan IA-ITB Percantik Kota Bandung

0

ITB Siap Menjadi Lima Cabang Olahraga di PON XIX

KMSR dan IA-ITB bahu-membahu menggambar tembok Siliwangi (Foto : MBP)

KMSR dan IA-ITB bahu-membahu menggambar tembok Siliwangi (Foto : MBP)

ganecapos.com, Bandung – Pemandangan tidak biasa terlihat di sepanjang Jalan Siliwangi, Kota Bandung. Ratusan orang terlibat di dalam proses pengecatan tembok sepanjang 476 meter di jalan tersebut. Keluarga Mahasiswa Seni Rupa (KMSR) bersama IA-ITB memberikan kado manis untuk ulang tahun Kota Bandung yang ke-206 yang jatuh pada tanggal 25 September 2016. Acara ini dinamakan Mural Bandung dengan mengangkat tema “The Journey of Happiness”. Proses pengerjaan pengecatan Jalan Siliwangi berlangsung selama 3 hari semenjak tanggal 13 September 2016 hingga 15 September 2016.

Mural/mu·ral/ n yang berartikan lukisan pada dinding adalah kado spesial yang diberikan KMSR ITB dan IA-ITB untuk merayakan hari jadi Kota Bandung sekaligus menyambut euforia Pekan Olahraga Nasional XIX di Provinsi Jawa Barat. Kota Bandung sebagai daerah dengan tempat penyelenggaraan cabang olahraga terbanyak di Provinsi Jawa Barat. Sebanyak 27 cabang olahraga di 14 tempat akan dipertandingkan di ibu kota Provinsi Jawa Barat ini. Jalan Siliwangi adalah salah satu akses yang menjadi pusat arus lalu lintas di wilayah Bandung Utara. Tembok di Jalan ini pun selalu menjadi pusat perhatian pengguna kendaraan bermotor saat melalui jalan ini. Sehingga, KMSR ITB bersama IA-ITB memilih lokasi tersebut sebagai lokasi mural yang mereka kerjakan. Lokasi ini begitu bersejarah bagi KMSR ITB karena sudah 3 kali daerah ini dipugar untuk dilakukan pengecatan kembali yaitu pada tahun 2004, 2007, dan 2014.

Kegiatan Mural Bandung kali ini mengangkat tema “The Journey of Happiness”. Pemilihan tema tersebut didasarkan pada kebiasaan warga bandung yang someah (re: ramah) kepada sesamanya. Hal ini diungkapkan oleh Zaki Zulkarnain (SR’13), Presiden KMSR ITB, “Untuk proses pengecatan tembok sepanjang 476 meter ini kami mengangkat tema “The Journey of Happiness” yang kemudian dibagi menjadi 3 tim berdasarkan sub-tema yaitu local genius, Bandung Futuristic, da Back to Nature. Proyek ini diketuai oleh Dani (SR’12), IMAM KMSR.” Zaki juga menambahkan, “Proses pengerjaan goresan tembok Siliwangi ini dibantu juga oleh warga Kota Bandung yang berdomisili di daerah Coblong. Selain itu kami dibantu juga oleh komunitas GOBER atau Gorong-gorong bersih. Intinya masyarakat begitu anstusias di dalam membantu proses pengecatan ini.”

Hal ini juga sejalan dengan apa yang direncanakan oleh Walikota Bandung, Bapak Ridwan Kamil yang ingin senantiasa meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakatnya. Pada Selasa, 13 September 2016, Kang Emil menggoreskan cat pertama pada tembok Siliwangi sebagai penanda dimulainya proses pengecatan pada acara Mural Bandung. “Kami mengambil tema besar, Perjalanan Menuju Kebahagiaan,” ungkap Kang Emil kepada media. Ia juga berharap kegembiraan tersebut dapat juga dirasakan oleh Kontingen PON dari daerah lain atau wisatawan yang berkunjung. Bapak Ridwan Kamil juga memberikan tantangan kepada KMSR dan IA-ITB untuk melanjutkan proses pengecatan itu ke wilayah lainnya di Kota Bandung.

Di akhir pengerjaan pengecatan ini, Zaki Zulkarnaen mewakili KMSR ITB berharap dengan mewakili goresan tema ini, warga Bandung akan senantiasa Bahagia dan Kota Bandung semakin cantik. Selain itu, ia juga berharap agar para seniman senantiasa dihargai dan begitupun hasil karyanya.

ITB Menjadi Tuan Rumah Lima Cabor di PON XIX

Umbul-umbul PON XIX mulai terpasang di sepanjang Jalan Tamansari, Kota Bandung. Pada PON XIX yang akan berlangsung semenjak tanggal 17 September hingga 29 September 2016, Sasana Budaya Ganesha akan menjadi tuan rumah arena tanding bagi atlet Kempo dan Karate. Dua cabang olahraga latih tangkas ini akan dimulai setelah pembukaan PON XIX yang akan dilaksanakan pada Sabtu malam (17/06) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung Timur.

Selain itu, di wilayah ITB Jatinangor, ITB mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah dalam tiga cabang olahraga yaitu Futsal, Pencak Silat, dan Tenis Meja. Cabang olahraga futsal akan dilaksanakan di Lapangan Futsal ITB Jatinangor. Tenis Meja dan Pencak Silat masing-masing akan dilaksanakan di GOR 3 ITB Jatinangor dan Graha Laga Satria ITB Jatinangor. Seluruh arena tanding baik di Ganesha maupun Jatinangor telah mencapai 100% dan siap untuk dijadikan laga tanding bagi atlet-atlet daerah terbaik di dalam perebutan medali nantinya. Besar harapannya euforia pelaksanaan PON XIX dan Peparnas XV 2016 dapat dirasakan juga oleh mahasiswa ITB.

Reporter : Muhammad Bayu Pratama (GD’14)

Share.

Leave A Reply