PSM ITB Bawa Pulang Penghargaan dari Italia

0
Foto : Penampilan tim PSM ITB pada ajang 5th Florence International Choir Festival

Foto : Penampilan tim PSM ITB pada ajang 5th Florence International Choir Festival

ganecapos.com — Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB baru saja menorehkan prestasi pada 5th Florence International Choir Festival yang berlangsung selama 20-22 Juli 2016. Dalam festival tersebut, PSM ITB ikut serta dalam dua kategori perlombaan, yaitu kategori Mixed Choir dan kategori Folklore. Pada festival paduan suara yang diselenggarakan di Italia tersebut, PSM ITB berhasil mendapat berbagai predikat: 1st Prize Mixed Youth Choir Category, 1st Prize Folklore Category, Best Costume, Best Contemporary Arrangement, dan Best Italian Composer Performance.

Kegiatan ini sendiri merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan ITB Cultural Tour (ICT) 2016, sebuah kegiatan kebudayaan yang diadakan PSM ITB setiap dua tahun. ICT bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat luas, di dalam maupun luar negeri, dengan gaya yang menampilkan ciri khas paduan suara. Sebanyak 39 anggota PSM ITB dan satu konduktor mewakili Indonesia pada 5th Florence International Choir Festival, bersaing dengan 10 negara seperti Italia, Tiongkok, Filipina, dan negara-negara lainnya. Selain festival ini, PSM ITB juga mengadakan serangkaian konser kebudayaan di Eropa.

Dalam rangkaian ICT, PSM ITB juga telah menyelenggarakan konser prakompetisi yang berjudul “Dum Canto Spero” pada tanggal 13 Juli 2016 di Bandung dan tanggal 16 Juli 2016 di Jakarta. Dalam konser ini, PSM ITB membawakan berbagai lagu dan tarian dari berbagai daerah di Indonesia. “Dum Canto Spero” sendiri memiliki arti “While I sing, I Hope”, yang membawa semangat bagi PSM ITB untuk dimaknai dalam setiap lagu yang dinyanyikannya, terdapat segala doa dan harapan bagi kejayaan serta keberhasilan dalam usaha mulia untuk mengharumkan nama Indonesia.

Semoga prestasi PSM ITB di ranah internasional ini dapat memotivasi para pemuda Indonesia untuk terus berkarya dan mengharumkan nama Indonesia dalam bidang masing-masing.

Reporter : Yusrina Sabila (MRI’14)

Editor : Muhammad Rezky (AS’14)

Share.

Leave A Reply