Wisata Kebangkitan Nasional : KM ITB Perjuangkan Isu Energi

0
Aksi Mahasiswa di Istana Negara yang dikepung aparat kepolisian

Aksi Mahasiswa di Istana Negara yang dikepung aparat kepolisian

ganecapos.com – Sudah 108 tahun Indonesia menandakan dirinya bangkit, namun pada nyatanya bangsa ini masih mengalami hambatan di berbagai sektor. 20 Mei 2016 menjadi penanda bersatunya seluruh BEM se-Indonesia untuk mengawal kebijakan presiden Joko Widodo. Di Istana Negara, mereka menyuarakan beberapa tuntutan terkait persoalan yang dialami Bangsa Indonesia saat ini. Begitupun KM ITB yang diamanahi sebagai koordinator isu energi BEM-SI turut membawa aspirasi terhadap kondisi energi di Indonesia.

Semenjak hari Jumat pagi pukul 09.00 WIB, satu per satu BEM seluruh Indonesia dengan jumlah kehadiran berasal dari 39 kampus berbeda, perlahan tapi pasti telah mengepung istana negara. Masing-masing penanggung jawab isu membawa tuntutan terkait permasalahan Indonesia kini, khususnya terhadap kebijakan Nawacita Pak Jokowi. Mahasiswa merapatkan barisan, membentuk barikade, sembari memegang spanduk yang berisi tuntutan yang sedang diperjuangkan. Iringan lagu “Darah Juang” turut mengiringi pembacaan puisi yang dilaksanakan massa aksi.

Setelah melaksanakan salat jumat secara berjamaah dengan penceramah dari ketua BEM SI, Bagus Tito Wibisono, M. Mahardhika Zein selaku presiden KM ITB bersama 39 perwakilan universitas lainnya berhasil menemui menteri sekretariat negara (Mensesneg), Bapak Pratikno di dalam istana negara. KM ITB menyuarakan aspirasi di bidang energi berupa : 

1. Hilirisasi barang tambang yang berkaitan dengan rencana revisi UU Minerba.

2. Nasionalisasi yang berkaitan dengan rencana revisi UU Migas.

3. Elektrifikasi yang berkaitan dengan permasalahan pendirian 35.000 MW yang dicanangkan terwujud di tahun 2019.

“Ini barulah langkah awal untuk kita mengawal jalannya pemerintah kita”, ungkap Mahardhika Zein di orasi penutupnya.

Semoga apa yang dilakukan KM ITB di tanggal 19 Mei 2016 dan 20 Mei 2016 memberikan dampak positif untuk kemajuan bangsa.

Salam Mahasiswa!

Share.

Leave A Reply