Haruskah Metrologi Menjadi Istilah yang Terlupakan?

2
Perayaan Hari Metrologi Sedunia

Perayaan Hari Metrologi Sedunia

Mungkin masih asing bagi telinga masyarakat Indonesia dengan kata Metrologi. Keberadaannya memang masih dianggap tidak ada, meski pemanfaatannya banyak bersentuhan dengan kehidupan manusia. Mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur, mulai dari lahir hingga meninggal nanti, metrologi akan selalu menempati ruang penting dari unsur-unsur kehidupan sehari-hari. Namun permasalahannya adalah masyarakat tidak menyadari bahwa yang tersentuh setiap harinya merupakan unsur metrologi. Jadi, apakah metrologi itu?

Metrologi adalah ilmu pengetahuan tentang pengukuran besaran fisika secara luas. Contohnya adalah pengukuran terhadap massa, dimensi, tekanan, flow, temperatur, volume, dan besaran fisika lainnya. Dalam perkembangannya, metrologi dibagi menjadi tiga jenis yaitu metrologi legal, metrologi industri, dan metrologi ilmiah. Metrologi legal adalah cabang metrologi yang berkaitan dengan pelaksanaan pengukuran yang dipersyaratkan oleh aturan hukum. Metrologi legal ditujukan untuk memastikan kebenaran pengukuran dalam kegiatan yang berkaitan dengan keadilan transaksi, kesehatan masyarakat, perlindungan hukum, dan keselamatan. Metrologi Industri berkaitan dengan hal-hal yang menunjang tingkat presisi pengukuran di Industri. Metrologi Industri ditujukkan untuk memberi kepastian pada akurasi peralatan yang digunakan dalam proses pengujian karakteristik produk industri. Dengan begitu, mutu produk dapat diterima secara internasional. Sedangkan metrologi ilmiah berhubungan dengan penelitian dan studi tentang fenomena-fenomena alam yang mendasari proses pengukuran yang benar dan cara analisa hasil pengukuran serta didapatkannya satuan standar yang dapat diandalkan untuk menentukan nilai pengukuran yang benar.

Metrologi adalah ilmu pengetahuan tentang pengukuran besaran fisika secara luas. Contohnya adalah pengukuran terhadap massa, dimensi, tekanan, flow, temperatur, volume dan besaran fisika lainnya. Dalam perkembangannya metrologi dibagi menjadi tiga jenis yaitu metrologi legal, metrologi industri dan metrologi ilmiah. Metrologi legal adalah cabang metrolgi yang berkaitan dengan pelaksanaan pengukuran yang dipersyaratkan oleh aturan hukum. Metrologi legal ditujukan untuk memastikan kebenaran pengukuran dalam kegiatan yang berkaitan dengan keadilan transaksi, kesehatan masyarakat, perlindungan hukum dan keselamatan. Metrologi Industri berkaitan dengan hal-hal yang menunjang presisi pengukuran di Industri. Metrologi Industri ditujukkan untuk memberi kepastian pada akurasi peralatan yang digunakan dalam proses pengujian karakteristik produk industri. Dengan begitu, mutu produk dapat diterima secara internasional. Sedangkan metrologi ilmiah berhubungan dengan penelitian dan studi tentang fenomena-fenomena alam yang mendasari proses pengukuran yang benar dan cara analisa hasil pengukuran serta didapatkannya satuan standar yang dapat diandalkan untuk menentukan nilai pengukuran yang benar.bermula dari ketidaktahuan dan ketidaksadaran masyarakat akan pentingnya metrologi. Namun juga dikarenakan kurang gencarnya pengenalan metrologi kepada masyarakat luas. Seringkali masyarakat menyamakan antara metrologi dan meteorologi. Padahal ini adalah dua bidang ilmu yang berbeda. Oleh karena itu, kenali, cermati dan implementasikan metrologi dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Masihkah kita melupa akan istilah metrologi? Jika melupakan istilahnya saja mudah bagaimana memaknai kebermanfaatannya ?

Selamat hari metrologi dunia! 

Rosmaniar Amri – Metrologi & Instrumentasi ITB 2013

Share.

2 Comments

Leave A Reply