Mengenal “Jet Stream” di Bumi

0

ganecapos.com — Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti sudah pernah merasakan udara yang bergerak atau biasa disebut dengan angin. Bergerak secara horizontal karena perbedaan tekanan, setiap jenis angin tentunya memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Namun, di Bumi yang kita tinggali ini, ternyata terdapat sebuah jenis angin yang bertiup sangat kencang dengan kecepatan hingga 300 mil per jam. Angin tersebut bernama jet stream.

Jet stream umumnya bertiup dari Barat ke Timur. Di bumi, terdapat 2 jenis arus jet stream yang tersebar, yaitu polar jet stream dan subtropical jet stream. Dua jenis jet stream ini dapat kita temukan  di Belahan Bumi Utara (BBU) dan dua di Belahan Bumi Selatan (BBS). Jet stream sendiri terjadi karena udara bertekanan rendah naik dari khatulistiwa dan bertemu dengan udara bertekanan tinggi dari Kutub. Pertemuan tekanan yang berbeda tersebut akan membentuk pipa yang arusnya tidak teratur. Arus jet stream yang tak teratur tersebut akan membentuk suatu gelombang yang dinamakan gelombang Rossby.

Jepang pernah menerbangkan balon kertas berisi bom ke Amerika Utara. Dengan tertiup angin, bom bisa mendarat dimana saja. Misterinya adalah bagaimana balon dari Jepang bisa sampai ke Amerika Utara, padahal untuk jenis balon seperti itu hanya bisa terbang antara 400 – 500 mil. Sedangkan jarak dari Jepang ke Amerika sendiri adalah 4500 mil. Diterbangkan dari tiga tempat di Jepang, dengan sistem pemberatan, altimeter, dan penunjuk waktu, balon diterbangkan setinggi 50 ribu kaki hingga masuk ke aliran jet stream.

BBC Documentary Film : Wild Weather – Wind

Jet stream dapat mengakibatkan pesawat terbang lebih cepat dan dikenal sebagai tail wind dan sebaliknya dapat menghambat kecepatan pesawat yang dikenal sebagai head wind. Di dalam jet stream sering terbentuk suatu kantung udara (air pocket), yaitu kolom udara yang terdiri dari bertemunya aliran udara dari arah yang tidak beraturan dengan kecepatan tinggi sehingga menghasilkan dorongan udara yang kuat ke bawah, dikenal dengan istilah down draft atau sebaliknya, dorongan yang kuat ke atas atau disebut dengan updraft.

Mengetahui adanya arus jet stream ini, bagaimana menurut pendapat kalian? Apakah kita sebagai generasi penerus bangsa dapat melihat peluang untuk memanfaatkan arus jet stream ini? Mari mengembangkan diri.

Kontributor : Rima Amelia Syaraswati (ME’14)

 

Share.

Leave A Reply