Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono Raih Gelar Doktor Kehormatan dari ITB

0

GANECAPOS.com – Mantan Presiden Republik Indonesia periode 2004-2014 Prof. Dr. Susilo Bambang Yudhoyono dianugerahi sebagai Doktor Kehormatan dari Institut Teknologi Bandung pada Senin (25/01). Penganugerahan berlangsung di Aula Barat Institut Teknologi Bandung dan dihadiri oleh pejabat terkait, termasuk Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. beserta jajaran pimpinan ITB.

Penganugerahan ini sejalan dengan visi dan misi ITB. Sebagai pengingat, visi ITB adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi dan pusat pengembangan sains, teknologi, seni dan humaniora yang unggul, handal dan bermartabat di dunia, yang bersama elemen bangsa lainnya turut menghantarkan masyarakat Indonesia menjadi bangsa yang bersatu, berdaulat dan sejahtera. Sementara, misi ITB adalah sebagai pemandu perkembangan dan perubahan masyarakat melalu kegiata tridharma perguruan tinggi yang inovatif, bermutu, dan tanggap terhadap perkembangan global dan lokal.

Terpilihnya SBY sebagai penerima Doktor Kehormatan sebenarnya sudah ditetapkan sejak tahun 2009 lalu. Alasan ini diterima karena beliau telah menulis banyak buah pemikiran di bidang pembangunan berkelanjutan. Salah satunya adalah pemikiran tentang Trilogi Pembangunan Abad ke-21 yang mengusulkan tiga prioritas yakni petumbuhan (growth), keadilan (equality), dan keberlanjutan (sustainability). Hasilnya, SBY menuangkannya dalam tulisan antara lain:

  1. Green Development in Tropical Regions: Growth, Equity & Sustainability, The Development Trilogy on the 21st Century (2015),
  2. Manifesto 2015 Sustainable Growth with Equity (2012), dan
  3. Moving Towards Sustainability: Together We Must Create the Future We Want (2012).

Reporter: Fikri R. Ardi (PL 14)  dan Mega Liani Putri (TL 13)

Share.

Leave A Reply