Pameran Perdana Dies Natalis ITB ke-56; Secercah Harapan dari ITB untuk Negeri

0

GANECAPOS.com — Institut Teknologi Bandung, tak terasa usiamu kini telah mencapai 56 tahun. Suatu masa semakin bertambahnya usia yang menandakan kedewasaan pada kampus ini baik dari sumber daya manusia maupun inovasi-inovasi yang telah berhasil kampus ini hasilkan. Inovasi-inovasi tersebut berupa produk yang bermanfaat untuk masyarakat. Tiap tahunnya selalu saja terdapat karya-karya yang kampus ini hasilkan. Akhirnya, untuk menampilkan karya-karya tersebut kepada khalayak umum, diselenggarakanlah pameran produk karya dan inovasi dalam rangka perayaan dies natalis ke 56 Institut Teknologi Bandung. Dalam pameran itu dipresentasikan hasil produk inovasi mahasiswa dan dosen ITB.

Pameran perdana ini diketuai oleh Ibu Rika Sudrajat. Konsep yang dibawa oleh beliau dalam pameran kali ini adalah menampilkan produk dari lembaga-lembaga penelitian di ITB dan karya dari masing-masing fakultas di ITB. Pameran kali ini menampilkan 16 stand dari lembaga-lembaga yang berafiliasi dengan lembaga pusat pengabdian masyarakat (LPPM) dan juga PT LAPI (Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri ITB) yang membidangi penemuan produk-produk baru. Salah satunya adalah stand dari lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat pusat sistem pesawat tak berawak. Di stand tersebut menampilkan penemuan produk baru yang bermanfaat untuk masayarakat seperti Niedzballa-flying car yang mampu terbang dengan ketinggian tertentu, klungbot (Angklung Robot), Rajampat ROV, mobil listrik nasional, dan robot ikan.

"Niedzballa"-Flying car yang diciptakan oleh ITB

“Niedzballa”-Flying car yang diciptakan oleh ITB

Selain 16 stand tersebut, dalam acara juga dipresentasikan 11 stand dari fakultas-fakultas yang ada di ITB. Setiap fakultas menampilkan produk dari masing-masing prodi meraka. Misalnya seperti dari FITB yang menampilkan mesin automatic weather system (AWS), FMIPA yang menampilkan mikroalga sebagai produk minyak masa depan, STEI yang menampilkan sistem kendali roket, dan hal-hal menarik lainnya dari tiap fakultas. Dan juga terdapat satu stand pusat informasi kampus yang menampilkan flashback ITB dalam 56 tahun berkarya dan rencana ke depan dari kampus ITB, salah satunya adalah konsep e-museum yang saat ini berada di Information Center ITB. Dari semua stand tentunya membuat pengunjung tak henti-hentinya berdecak kagum atas karya yang ditampilkan dalam pameran kali ini.

Dalam pengamatan saya, pameran ini, semenjak dari dibukanya acara pada Senin, 2 Maret 2015 hingga Selas, 3 MARET 2015, senantiasa ramai dengan pengunjung, baik dari mahasiswa ITB maupun masyarakat luar ITB. Hal senada juga disampaikan oleh Mas Dian, salah satu panitia acara, ketika diwawancarai mengatakan “Semenjak dari pembukaan acara pameran, pengunjung tidak pernah sepi dalam acara ini. Pengunjung sangat antusias untuk bertanya dan mengamati apa yang berada di stand tersebut.” Namun, tentunya kehadiran acara perdana ini ke depan akan terus dievaluasi guna menampilkan hasil karya dosen dan mahasiswa ITB.

Tentunya Selamat untuk kampus kita tercinta, Institut Teknologi Bandung yang telah berusia 56 tahun. Semoga bersama dengan insan-insan cerdas masa depan bangsa, kampus ini akan tetap berjaya dan selalu jaya!

Reporter : Bayu dan Meilani (FITB ’14)

Share.

Leave A Reply